PDAM Kutim gelar Pelatihan Payment Online

SANGATTA - Menyambut penerapan sistem pembayaran secara online. PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur memberikan pelatihan penerapan Aplikasi Payment Point Online Bank (PPOB) kepada sejumlah karyawannya.

Peserta yang terlibat berasal dari berbagai Bagian, dimulai Kasir, Bagian Hubungan Langganan (Hublang), Call Center hingga para Kepala Unit.

Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur Suparjan, ST diwakili Kepala Bagian Umum Agus Sugiharto, SE, mengatakan pihaknya sepakat untuk mengadakan pelatihan dalam rangka peningkatan kapasitas para karyawan yang akan bersentuhan dengan program tersebut.

Agus menjelaskan, tujuan pelatihan ini salah satunya adalah memberikan informasi yang tepat kepada pada karyawan selanjutnya diteruskan ke para pelanggan.

"Semuanya kan agar mempermudah pelanggan dalam proses pembayaran. Guna mencapai hal tersebut, perlu dilakukan upaya-upaya penguatan SDM," katanya saat memberikan arahan.

Lanjutnya, penggunaan aplikasi dan pencatatan dengan sistem sudah bukan sesuatu asing di PDAM. Untuk itu program peningkatan kapasitas merupakan upaya untuk mengenalkan PPOB kepada pelanggan serta melatih para karyawan yang jadi baris terdepan untuk menyampaikan informasi khususnya terkait pembayaran tagihan air secara online.

"Semoga dengan adanya kemudahan sistem pembayaran ini dapat meningkatkan efisiensi penagihan dan mendongkrak efektifitas penagihan yang awalnya 80 menjadi 90 persen,"terangnya

Sementara itu, Nara sumber IT Support Visimedia Pungky Doniyanto mengungkapkan program ini merupakan penyederhanaan sistem pembayaran yang sudah banyak diterapkan di berbagai transaksi abad ini.

"PPOB adalah pembayaran melalui node (merchan, payment gateway, agreagtor) dan diteruskan kepada bank penyedia jasa layanan," tuturnya.

Dengan demikian, lanjutnya, masyarakat akan mampu mengakses sistem pembayaran PDAM TTB dimana saja dan kapan saja. Pengembangan ini salah satu pendekatan, adaptasi terhadap keinginan pelanggan agar dalam pembayaran lebih mudah dan cepat.

"Ada sejumlah bank termasuk jaringan retail waralaba yang masuk dalam PPOB. Semua masih dalam penyesuaian dan uji coba di masing-masing sistem aplikasi,"ungkapnya.

Program in house training kali ini terdiri dari pengenalan layanan pembayaran sekaligus sistem yang dipakai. Tahapan pembayaran melalui bank atau merchant. Hingga pembayaran melalui jaringan retail.(HumasPDAM)

author
No Response

Leave a reply "PDAM Kutim gelar Pelatihan Payment Online"