Wabup Tinjau Pembangunan IPA Baru Unit Muara Wahau

KUTAI TIMUR-Mengawali lawatan dalam rangka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Murenbang) di Kecamatan Muara Wahau. Wakil Bupati Kasmidi Bulang ST. MM melakukan peninjauan pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) PDAM Unit Muara Wahau, Desa Nehas Liah Bing, Sabtu (8/2/2020).

Didampingi Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur Suparjan, ST, peninjauan diawal dengan melihat sistem pengolahan air sebesar 10 liter/detik. Pengolahan air ini yang mengakomodir kebutuhan di Kecamatan Muara Wahau dan sekitarnya. Kemudian rombongan di bawah melihat bangunan IPA baru berkapasitas 50 liter/detik.

Wabup Kasmidi Bulang. ST. MM mengapresiasi pembangunan dan peningkatkan kapasitas yang dilaksanakan PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur. Semoga IPA baru ini dapat segera beroperasi untuk memenuhi kebutuhan warga yang belum teraliri air dari PDAM.

"Kita doakan semoga IPA dapat berfungsi sesuai dengan jadwal yang ditentukan" tuturnya.

KasmidiBulang, ST, MM juga meminta agar masyarakat mendukung dan mendokan agar pemerintah dapat menjalankan seluruh program khususnya kebutuhan dasar.

"Selain air bersih, pemerintah juga terus mengerjakan program pemenuhan listrik, kesehatan dan pendidikan. Semoga semua berjalan tepat waktu," terangnya.

Nampak hadir dalam rombongan Asisten Ekonomi Pembangunan Suroto, SE M.Si Kepala Bappeda M. Edwar Azran, SE,. MS, Camat Muara Wahau Drs. Ashari, MM, Kabag Ekonomi Setkab Andi Palesangi, ST, Kabag Kerjasama Setkab Yuriansyah, S.sos, Kabag Administrasi Pembangunan Drs. Yusuf Joko Raharjo dan sejumlah perwakilan pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkup Pemkab Kutim.

Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur Suparjan, ST mengungkapkan IPA 50 liter/detik yang baru sedang melalui uji teknis. Sebelum difungsikan guna pemenuhan pendistirbusi air bersih ke masyarakat.

"Beroperasinya IPA baru hanya menunggu waktu saja. Sekarang IPA ini masih menjalani uji kebocoran. Setelah itu uji air bersih dan terakhir uji layanan ke warga," ungkapnya.

Sedangkan cakupan pelayanan, IPA baru ini diproyeksikan jumlah penduduk yang terlayani mencapai 21.880 jiwa. Melayani wilayah Desa Wahau Baru, Nehas Liah Bing, Wanasari, Makmur Jaya dan rencana wilayah pengembangan yakni di Desa Karya Bhakti hingga Marga Mulia.

"Jika didukungan dengan jaringan. Potensi sambungan langganan bisa mencapai 4000 unit," kata Mantan Kepala Bidang Teknik ini.

Untuk diketahui, IPA yang baru ini berkapasitas 50 liter/detik. Dikerjakan dalam waktu pelaksanaan 72 hari kalender oleh PT. Tirta Sari Mandiri sebagai pelaksana dan Cv. Vorvo Consultant bertindak sebagai konsultan. Pembangunan ini menggunakan dana Pdam Tirta Tuah Benua Kutai Timur yang mencapai Rp 4.340.305.200.(HumasPDAM)

author
No Response

Leave a reply "Wabup Tinjau Pembangunan IPA Baru Unit Muara Wahau"