Tutup program pemasangan sambungan baru air bersih 2019, Ismunandar : Pemerintah terus fokus kebutuhan dasar

KUTAI TIMUR - Penimbunan galian pipa air secara simbolis oleh Bupati H. Ir. Ismunandar, MT menandai ditutupnya Program pemasangan sambungan baru air bersih tahun 2019. Acara yang berlangsung di Halaman Masjid Khoirul Manshurin, Jalan AW Syahranie, Gang Manshurin RT 32, Kecamatan Sangatta Utara, Sangatta merupakan pelanggan PDAM Tirta Tuah Benua ke 18.300 untuk Kecamatan Sangatta Utara, Senin (30/12/2019).

Bupati H. Ir. Ismunandar, MT mengatakan kebutuhan dasar seperti air dan listrik selalu jadi perhatian utama pemerintah. Hal ini dibuktikan dengan bertambahnya layanan air bersih di wilayah Kutai Timur. Kedepannya jangkauan layanan dasar ini akan terus ditingkatkan. Bukan saja di perkotaan, tetapi juga di daerah pedesaan.

"Semoga tahun depan kita dapat membenahi semua. Membenahi infrastruktur jalan, pendidikan, kesehatan, termasuk air bersih dan listrik, ucap mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Kutim ini.

Penutupan program pemasangan sambungan baru ini mewakili pencatatan terakhir pelanggan yang terdaftar tahun 2019 di PDAM Tirta Tuah Benua. Kini total seluruh pelanggan di Kutai Timur telah mencapai 28.403. Cakupan pelayanan administrasi 36,85 persen dari jumlah penduduk kutim sebesar 421.616 jiwa.

Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Suparjan, ST melaporkan selama 2019 pipa jaringan yang terpasang 14.900,79 meter melalui dana PDAM Tirta Tuah Benua dan APBD Kutim. Termasuk Penambahan Intalasi pengolahan air (IPA) 50 liter/detik di Kecamatan Muara Wahau.

"Di Kecamatan Sangatta Utara kini telah membentang pipa terpasang sepanjang 2.108 meter yang bersumber dari dana APBD Kutim," terangnya.

Sementara itu, penambahan jaringan pipa juga dilakukan di 8 lokasi, tersebar di sejumlah kecamatan yang panjangnya mencapai 2.752 meter. Berikut peningkatan kapasitas IPA di Unit Kaubun dan pengembangan jaringan di Kecamatan Sangkulirang.

"Di PDAM unit Kaubun penambahan kapasitas IPA 5 liter/detik lewat dana APBN dan jaringan di Kecamatan Sangkulirang dengan panjang 4.138 meter lewat Dana Alokasi Khusus (DAK),"imbuhnya.

Acara juga dirangkai dengan pemotongan tumpeng serta pemberian cendramata oleh Bupati H. Ir. Ismunandar, MT kepada warga RT 32 yang jadi pelanggan ke 18.300 Muhammad Hamdan. Disaksikan langsung Wakil Bupati Kasmidi Bulang, ST. MM, Sekretaris Daerah Drs, Irawansyah, M.Si, Asisten Ekonomi Pembangunan Suroto, SE, M.Si Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Suparjan, ST dan tamu undangan.

Mewakili warga, Ketua RT 32 Khoirul Arifin sangat bersyukur dengan masuknya jaringan PDAM diwilayahnya. Satu kebutuhan telah terpenuhi. Harapannya semoga menyusul kegiatan pemerintah lainnya.

"Air dan listrik sudah. Tinggal infrastruktur jalan. Soalnya jika turun hujan. Jalan susah untuk dilewati," harapnya.(HumasPDAM)

author
No Response

Leave a reply "Tutup program pemasangan sambungan baru air bersih 2019, Ismunandar : Pemerintah terus fokus kebutuhan dasar"