Program Penyehatan PDAM

No comment 12 views

Sehubungan adanya Program Penyehatan PDAM yang difasilitasi BPPSPAM, PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur membentuk Tim Penyehatan PDAM yang tertuang dalam SK No. 800/24/TIM/PDAM-KT/V/2013. Dengan uraian tugas sebagai berikut :

1. Mendampingi konsultan dalam mengidentifikasi permasalahan baik teknis maupun non teknis di PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur

2. Merumuskan usulan bantuan teknis maupun non teknis melalui APBN dan APBD bersama Konsultan
3. Melaksanakan program-program dalam upaya penyehatan PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur
4. Mengevaluasi program-program penyehatan yang telah dilaksanakan
5. Membuat laporan di setiap perkembangan pelaksanaan program yang disampaikan ke Direktur.

Dalam rapat yang dilaksanakan hari Selasa (01 Mei 2013), anggota Tim mulai membahas program-program yang akan diikuti untuk ditindaklanjuti oleh BPPSPAM. Adapun rekomendasi tindak turun tangan yang menjadi prioritas antara lain :

1. Efektifitas dan efisiensi biaya (Pegawai ,Listrik, dan Genset

2. Mengoptimalkan pendapatan dengan cara mengurangi kemungkinan adanya kecurangan pemakaian air dengan meningkatkan keakuratan pembacaan meter pelanggan dengan sistem water meter reading online serta mengganti meter air pelanggan yang tidak layak pakai. Hal ini juga bisa meminimalisasi tingkat kehilangan air yang terdistribusi ke pelanggan

3. Bantuan Manajemen, dengan adanya peningakatan SDM melalui pelatihan yang berhubungan dengan Keuangan, Hubungan Langganan, dan Teknis. Serta adanya pendampingan dalam penyusunan RISPAM, Business Plan, PERDA Pengembangan SPAM.

4. Peningkatan Pelayanan, meliputi unit distribusi sehingga program pemerataan aliran bisa tercapai dengan maksimal. Di samping itu juga diperlukan pemeriksaan kualitas air yang didistribusikan ke pelanggan.

Dengan adanya program penyehatan PDAM ini diharapkan ke depannya PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur bisa mencapai visi dan misi PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur.

author
No Response

Leave a reply "Program Penyehatan PDAM"