Program Hibah Air Perkotaan di 3 Kecamatan Pedalaman Rampung

KUTAI TIMUR-Program hibah air minum perkotaan tahun 2020 kembali rampung di 3 Kecamatan. Meliputi Kecamatan Muara Bengkal, Muara Ancalong dan Long Mesangat. Tersalurkan ke 740 kk. Program pemerintah pusat ini sepenuhnya dikerjakan oleh Pemerintah Kutim melalui PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur (TTB KT) sebagai pelaksana.

Menandai terlaksana kegiatan tersebut. Penyerahan secara simbolis dilakukan Plt Bupati Kasmidi Bulang, ST. MM didampingi Direktur PDAM TTB KT Suparjan, ST, kepada penerima manfaat, di Balai Pertemuan Umum, Kecamatan Muara Bengkal, Jumat (25/9/2020).

Direktur PDAM TTB KT Suparjan,ST mengharapkan, hibah ini bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan kabupaten mencukupi air minum bagi masyarakat. Sehingga target akses air bersih untuk masyarakat bisa tercapai. Adapun penerima manfaat tersebar. Di Kecamatan Muara Bengkal meliputi 5 Desa, yakni Desa Benua Baru, Muara Bengkal Ilir, Muara Bengkal Ulu, Ngayau serta Senambah.

Sedangkan di Kecamatan Muara Ancalong terdapat 3 Desa mencakup Desa Kelinjau Ulu, Kelinjau Ilir dan Senyiur. Kemudian untuk Kecamatan Long Mesangat merambah di 2 Desa, Desa Sumber Sari dan Mukti Utama.

"Penerima manfaat di Kecamatan Muara Bengkal sebanyak 389 kk, untuk Kecamatan Muara Ancalong 210 kk dan Kecamatan Long Mesangat 141 kk," kata Suparjan

Program ini resmi dijalankan pemkab kutim awal Juli tahun 2020. Berdasarkan surat perintah kerja yang diterbitkan Kementerian PUPR Direktorat Jendral Cipta Karya 9 Juli 2020. Nomor : UM.01.03-HAM/VII/112 tentang Pelaksanaan Pemasangan Sambungan Rumah Program Hibah Air Minum Perkotaan Tahun 2020.

Di bawah kontrol tiga Kementerian, yakni, Kementrian Pekerjaan Umum Perumahaan Rakyat (PUPR), Kementerian Keuangan dan Kementrian PPN/BAPENNAS. Pemkab Kutim melalui PDAM TTB KT telah berhasil menyediakan akses air untuk 1.782 rumah atau setara 8.910 jiwa. Tersebar di 11 kecamatan.

Sementara itu, Plt. Bupati Kasmidi Bulang mengatakan Kabupaten Kutai Timur telah mempersiapkan sejumlah desa persiapan. Hal ini bertujuan untuk mempercepat pembangunan. Sehingga terjadi pemerataan di masyarakat . Soal jalan, air bersih dan listrik, telah diprogramkan. Namun, karena terjadi covid-19 sehingga harus ada pemangkasan sebesar 50 persen, untuk program-program yang ada.

"Kita berharap pandemic covid 19 segera berlalu dan keuangan Pemkab Kutim kembali normal," terangnya (HumasPDAM)

author
No Response

Leave a reply "Program Hibah Air Perkotaan di 3 Kecamatan Pedalaman Rampung"