Plt Bupati Tinjau Pemasangan Air di Kecamatan Sangkulirang

KUTAI TIMUR-Jangkauan pelayanan air bersih kini sudah sampai di Kecamatan Sangkulirang. Sampai dimana perkembangan warga yang telah mendapat sambungan air. Plt Bupati Kasmidi Bulang, ST, MM didampingi Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur (TTB KT) langsung melakukan peninjauan.

Tepat di Jalan Imam Bonjol, Desa Benua Baru Ulu. Direktur PDAM TTB KT Suparjan, ST menunjukan salah satu meteran pelanggan yang telah terpasang. Atas nama Murjani, Senin (21/9/2020)

“Ini meter yang terpasang normal atau pemasangan regular,” kata Suparjan, ST sembari menunjukan meteran yang memiliki kotak meter warna biru ke Plt. Bupati H. Kasmidi Bulang, ST, MM didampingi Camat Sangkulirang H. Rahmat, SE dan sejumlah pimpinan OPD dilingkup Pemkab Kutim.

Sebelumnya, Mantan Kepala Bagian Produksi ini menjelaskan bahwa di Kecamantan Sangkulirang belum mempunyai Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM). Pengaliran distribusi air ini diperoleh dari SPAM Unit Kaliorang yang disalurkan melalui booster KEK Maloy di Desa Bumi Sejahtera Kecamatan Kaliorang.

“IPA Kaliorang mempunyai kapasitas 50 l/d dan kapasitas realisasi 3,29 l/d . Untuk memanfaatkan Idle Capacity (Kapasitas Menganggur) sebesar 46,71 l/d. IPA Kaliorang mendistribusikan air ke Kaliorang dan Sangkulirang,” terangnya saat memperlihatkan peta titik pengembangan jaringan perpipaan

Sedangkan pengembangan kedepan, tahun 2020 PU Kutim tengah membangun jaringan perpipaan di Desa Benua Baru Ulu dan Desa Benua Baru Ilir.

“Selain pengembangan jaringan. Di 2021 mendatang rencana PDAM akan memasukkan program hibah air minum perkotaan dari APBN dengan target sasaran 100 kk di sini,” imbuhnya

Sebagai informasi, pelayanan air bersih kini mencakup dua desa. Desa Benua Baru Ulu dan Desa Benua Baru Ilir. Wilayah pelayanan teknis diangkat 3, 85 %, sendangkan pelayanan administrasi 1, 34 %. Total sambungan langganan hingga Agustus mencapai 58 unit serta melayani 317 jiwa. Dari data disdukcapil Kutim penduduk Sangkulirang mencapai 23.591 jiwa. Tersebar di 15 desa.

Plt. Bupati H. Kasmidi Bulang, ST, MM mengatakan perlahan namun pasti kebutuhan air di Kecamatan Sangkulirang sudah mulai teratasi. Itu dibuktikan dengan adanya puluhan warga yang merasakan sambungan meter air. Tentu program ketersediaan air bersih ini akan terus dikawal.

“Dulu belum ada air bersih, sekarang sudah teraliri lewat pemasagan regular. Insyallah satu bulan lagi akan ada material yang masuk guna mengcover 300 kk. Insyaallah kita kawal hingga masalah ini terentaskan,” terangnya (HumasPDAM)

author
No Response

Leave a reply "Plt Bupati Tinjau Pemasangan Air di Kecamatan Sangkulirang"