PDAM dikunjungi Wakil Rakyat

No comment 9 views

Tepat di Hari Rabu Tanggal 05 November 2014 PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur mendapatkan kehormatan yaitu mendapat kunjungan dari anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kutai Timur. Kunjungan ini merupakan kunjungan pertama kali oleh anggota DPRD Kabupaten Kutai Timur masa bakti 2014-2019.

Selain sebagai pengenalan anggota DPRD yang baru. Kunjungan tersebut juga bertujuan agar para wakil rakyat memahami sistem kerja dan pelayanan PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur. Para wakil rakyat yang berkunjung sejumlah 35 orang beserta staf ahli dan sekretariat. Kunjungan kerja ini juga dihadiri perwakilan dari BPKP Perwakilan Kalimantan Timur dan Badan Pengawas PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur.

Acara dimulai dengan sambutan dari Direktur PDAM Aji Mirni Mawarni dan perwakilan dari Wakil Ketua DPRD H. Encek UR Firgasih, SH. dilanjutkan pemaparan tentang PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur oleh Direktur PDAM. Selain mengupas asal usul PDAM juga dipaparkan visi misi serta 5 budaya kerja dan 10 sikap kerja yang diterapkan di PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur.

Dijelaskan juga mengenai laporan keuangan PDAM dari tahun 2008 sampai dengan 2013 yang disajikan dalam bentuk neraca dan laporan laba rugi. Dalam pemaparan tersebut Direktur PDAM juga menjelaskan tentang tarif air yang belum full cost recovery, kualitas air, serta cakupan pelayanan yang masih sangat rendah.

Menurut BPSPAM PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur dinyatakan sehat dari tahun 2013. namun menurut Permendagri Nomor 2 Tahun 1998. PDAM belum sehat dikarenakan tarif yang ada saat ini belum full cost recovery. Artinya tarif air PDAM masih dibawah HPP. Walaupun dinyatakan sehat oleh BPSPAM tetapi cakupan pelayanan kita masih sangat rendah dan hal ini juga sudah diketahui oleh Pemerintah Daerah.

sehingga kita tetap harus meningkatkan cakupan pelayanan dengan membuka pendaftaran sambungan baru meskipun sebenarnya debit air yang kita produksi belum mampu melayani seluruh pelanggan. Berkaitan dengan hal tersebut PDAM melakukan penggiliran terhadap distribusi air ke pelanggan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan dan meminimalisir terjadinya kehilangan air.

Dalam sesi tanya jawab juga ada beberapa pertanyaan dari anggota DPRD mengenai tarif air yang sesuai dengan HPP, kualitas, sumber air baku, laporan keuangan, peningkatan kapasitas produksi untuk wilayah cabang serta tindakan untuk menurunkan kehilangan air, dimana semua pertanyaan tersebut telah dijawab oleh Direktur PDAM serta ada penjelasan mengenai laporan keuangan dari BPKP Perwakilan Kalimantan Timur.

Diharapkan dengan adanya kunjungan kerja dari anggota DPRD Kabupaten Kutai Timur ini bisa membantu PDAM menjadi PDAM yang sehat dan mandiri sesuai dengan visi dan misi PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur.

author
No Response

Leave a reply "PDAM dikunjungi Wakil Rakyat"