PDAM Bersama Wabup Tinjau Lokasi IPA di Sangkima

KUTAI TIMUR - Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur Suparjan, ST bersama Wakil Bupati Kasmidi Bulang, ST, MM, berangkat dari Balai Pertemuan, Anggrek Hitam, PT. Pertamina, Sangatta untuk mengecek lokasi usulan pengembangan SPAM SANGKIMA di Kecamatan Sangatta Selatan. Turut mendampingi Manajer PT Pertamina Aset 5 Field Hanif Setiawan, Camat Sangatta Selatan Hasdiah berikut perangkat desa dan personil Balai Taman Nasional Kutai (TNK).

Kunjungan pertama menuju lokasi intake di Desa Sangkima. Rencana diarea tersebut akan dibangun instalasi pengolahan air (IPA) berkapasitas 10 liter/detik. Air baku bersumber dari sungai sangkima.

Kemudian, rombongan menuju kelokasi berikutnya yang diperuntukan untuk Water Treatment Plan (WTP), Resevoir berserta bangunan penunjang. Dikenal juga dengan tempat pengolahan air baku, rencana disini akan memakai lahan dengan luas 50meterx50 meter.

Hasil survei kali ini tidak ada kendala. Hanya ada catatan penting yang masih akan ditindaklanjuti. Yakni permasalahan lahan, mengingat area yang akan dijadikan lokasi SPAM SANGKIMA masuk dalam wilayah kerja PT. Pertamina aset 5 Field Sangatta.Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur Suparjan, ST mengatakan pihaknya akan melakukan pertemuan lanjutan untuk membahas lahan ini. Mulai dari Pemerintah Kabupaten, Kecamatan, Pemerintah Desa, termasuk PT. Pertamina dan Balai TNK. Hal itu bertujuan untuk memastikan tidak ada kendala dikemudian hari.

"Kita akan lakukan penajaman terkait status lahan. Kita duduk bersama dengan pihak terkait,"terangnya saat meinggalkan lokasi intake, Senin (14/10/2019).

Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) yang direncanakan ini akan mengaliri tiga desa yakni Desa Sangkima, Teluk Singkama dan Kelurahan Singa Geweh. Jumlah jiwa yang akan terlayani mencapai 2.735 dengan target sambungan mencapai 500 sambungan langganan.

Wabup Kasmid Bulang, ST, MM mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan dasar air bersih. Kami akan berusaha semaksimal mungkin. Bekerjasama dengan PDAM, PT. Pertamina dan Balai TNK. Semoga proses pembangunan WTP ini dapat segera terwujud.

"Doakan kami agar dalam proses pemenuhanan kebutuhan air bersih ini dapat berjalan lancar," harapnya.

Sebelum meninjau lokasi, Di Balai Pertemuan, Anggrek Hitam, PT Pertamina Aset 5 Field Sangatta, telah dipaparkan skema Usulan pengembangan SPAM SANGKIMA oleh PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur melalui Direktur Suparjan, ST.

Termasuk skema pendanaan yakni melalui Dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 14.2 miliar yang difokuskan untuk pembangunan SPAM SANGKIMA 10 liter/detik lengkap dengan bangunan penunjang. Kemudian pengadaan pipa distribusi berdiameter 160 mm, 110, 90 dan 63.

Sedangkan PT. PERTAMINA ditawarkan skema dengan nilai Rp 1,6 Miliar untuk pengadaan dan pemasangan pipa transmisi air baku berdiameter 200mm. Terakhir PDAM bertugas melalukan pemasangan pipa distribusi diameter 160mm,110,90 hingga 63. Mengerjakan sambungan langganan termasuk pengetesan pipa, crossing pipa, rekondisi hingga pembuatan patok. Total dana mencapai Rp 3,5 Miliar.(HumasPDAM)

author
No Response

Leave a reply "PDAM Bersama Wabup Tinjau Lokasi IPA di Sangkima"