Kurang dari 2×24 Jam, Perbaikan Floating Intake Muara Ancalong Selesai

KUTAI TIMUR-Perbaikan kerusakan Floating Intake di PDAM Muara Ancalong selesai dengan cepat. Petugas bergotong royong menganti komponen yang rusak. Hasilnya kurang dari 2x24 jam, ponton intake kembali beroperasi dengan normal.

Kepala PDAM Unit Muara Ancalong Japlus mengkonfirmasi bahwa perbaikan pelampung viber yang bocor telah rampung. Proses pengerjaan secara bertahap. Waktu perbaikan kurang lebih satu hari. Kini distribusi air ke pelanggan dalam tahap normalisasi.

“Pengerjaan kurang lebih satu hari. Air ke pelanggan sudah aman” ungkap Japlus melalui pesan Whatapps, Selasa (29/6/2021)

Dirinya mengungkapkan selain kebocoran pada viber. Tanah longsong yang terjadi di bibir sungai juga memperparah kerusakan. Membuat ponton atau Floating Intake nyaris tenggelam. Menyikapi hal tersebut, beberapa langkah antisipasi telah dilakukan. Salah satunya menambah jumlah pelampung viber.

“Akibat longsor, pipa intake tertarik. Menyebabkan fleksibel rusak. Kini, pelampung rakit kita tambah,” terang pria yang murah senyum ini.

Japlus juga menuturkan, saat proses perbaikan berbagai kendala dihadapi. Mulai dari kesulitan mencari kapal sebagai salah satu alat pendukung hingga kesulitas dalam perakitan pelampung di sungai.

“Tantangan kita adalah saat perbaikan di aliran sungai, selain arus sungai yang deras. Keruhnya air sungai membuat jarak pandang berkurang saat anggota menyelam di bawah rakit,” bebernya.

Seperti diberitakan sebelumnnya, Floating intake atau akrap disebut ponton bermuatan peralatan penyedot air nyaris tenggelam. Di duga akibat kebocoran pelampung. Ponton diketahui nyaris tengelam sekitar pukul 07.15 WITA Senin (28/6/2021) pagi. Akibatnya, pelayanan terganggu dan distribusi air kepelanggan terganggu.

Efek kerusakan itu, PDAM terpaksa harus menghentikan sementara pelayanan airnya. Penghentian aliran air juga dilakukan guna memperlancar dan memaksimalkan proses perbaikan. (HumasPDAM)

author
No Response

Leave a reply "Kurang dari 2×24 Jam, Perbaikan Floating Intake Muara Ancalong Selesai"