Jelang Puasa. Ini Persiapan PDAM Kutim

No comment 638 views

KUTAI TIMUR-Mendekati Bulan Puasa. Pendistirbusian air bersih dipastikan aman. Berbagai antisipasi pun dilakukan PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur. Mulai dari sisi Produksi, Distribusi hingga Pelayanan.

Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur Suparjan, ST mengatakan seperti biasanya, tiap tahun jelang bulan suci ramadhan. PDAM memperhatikan segala bentuk permasalahan yang timbul. Perlakuan tersebut diterapkan guna meminimalisir kerusakan fungsi peralatan yang mengakibatkan terganggunya pengaliran air bersih.

"Pertama pemeriksaan berkala pompa-pompa air baku dan memelihara sumber air baku," jelas Suparjan, ST melalui arahan tertulisnya.

Suparjan, ST menambahkan, pemeliharaan juga dilakukan pada mesin pompa dan peralatan elektrik. Seperti panel intake, panel di ruang pompa dan genset. Jika jalur tersebut tidak ada permasalahan. Para petugas juga akan melakukan pembersihkan dan pengurasan di instalasi pengolahan air.

"Reservoir juga dikuras berkala,"tuturnya.

Di bagian distribusi, petugas akan melakukan pemantauan sekaligus memastikan ketersediaan barang. Khususnya barang yang dipakai untuk kebutuhan operasional, mulai stock solar, bahan kimia. Termasuk material sambungan rumah dan suku cadang jaringan perpipaan. Mengingat beberapa komponen tersebut di peroleh dari luar Kalimantan. Persiapan dibagian ini bertujuan agar saat terjadi kerusakan, perbaikan dapat segera dilakukan tanpa terhambat oleh ketersediaan barang.

"Pengecekan jaringan pipa distribusi rutin dilakukan. Jika ada kebocoran petugas distribusi langsung melakukan perbaikan," imbuhnya.

Di sisi pelayanan, pegawai yang bertugas di kasir, di bagian hubungan langganan, perencanaan dan call center selalu siap. Membantu pelanggan dalam pelunasan tagihan air. Melayani warga yang ingin menjadi pelanggan baru.

"Petugas siap melayani pemasangan sambungan baru, pelunasan tagihan air hingga menerima aduan,"ujarnya

Dirinya juga menghimbau agar pelanggan tetap bijak dalam penggunaan air bersih. Harus hemat dalam pemakaian air. Gunakan air untuk kebutuhan utama sehari-hari. Terlebih dalam kondisi pandemi virus covid19 seperti sekarang ini. Harapannya masyarakat dapat mengikuti instruksi dari pemerintah.

Menghindari kerumunan masa atau sosial distancing, salah satunya memanfaatkan aplikasi-aplikasi online untuk bertransaksi. Di PDAM sendiri telah tersedia pembayaran tagihan secara online di tirtatuahbenua.com. Pelanggan pdam dapat melakukan pembayaran tagihan tepat waktu.

"Bisa melalui pembayaran online, bisa dari rumah, lebih praktik," ungkapnya.(HumasPDAM)

author
No Response

Leave a reply "Jelang Puasa. Ini Persiapan PDAM Kutim"