Edukasi Pramuka Scout Competition di IPA Kabo

KUTAI TIMUR - Hari Minggu adalah hari berbeda bagi peserta Pramuka Scout Competition 2019. Kebanyakan peserta yang merupakan siswa sekolah dasar di Sangatta ini diajak berkeliling di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Kabo.

Kegiatan di IPA Kabo, Jalan Papa Charlie, Desa Kabo Jaya, berlangsung selama satu hari. Para peserta yang berkunjung ke IPA berjumlah kurang lebih 250. Peserta merupakan perwakilan dari SD di Kecamatan Sangatta Utara, Sangatta Selatan, Bengalon, Ada dari Rantau Pulung dan Teluk Pandan, Minggu (13/10/2019).

Dimulai pukul 08.45 WITA hingga berakhir siang hari, peserta pramuka scout compettion diperlihatkan berbagai tahapan dalam proses pengolahan air bersih. Dan berikut sejumlah aktivitas menarik yang dilakukan peserta:

1. Melihat Bangunan Penyadap (Intake)
Rute pertama, peserta diajak melihat bangunan penangkap air baku. Bangunan yang dilengkapi barscreen ini berfungsi menyaring benda-benda asing yang tergenang dalam air untuk kemudian dipompa ke prasedimentasi.

2. Mengenal Bak Prasedimentasi
Bak Prasedimentasi merupakan salah satu proses awal untuk mengendapkan Partikel Distrik seperti kerikil, pasir dan tanah liat. Lewat pengenal itu peserta melihat langsung proses pencampuran bahan kimia
Mereka di ajak ke gudang penyimpanan bahan kimia dan diperkenalkan bahan-bahan kimia yang dipakai, seperti PAC hingga kaporit.

3. Mengamati Proses Koagulasi (Pengadukan Cepat) dan Flokulasi (pengadukan Lambat)
Disini peserta dijelaskan proses pencampuran bahan kimia dengan proses pengadukan cukup tinggi. Kemudian dilanjutkan proses dimana zat padat yang melayang menjadi flok-flok (gumpalan- gumpalan).

4. Melihat Filtrasi dan penampungan (Reservoir)
Peserta diajak melihat proses air dibersihkan melewati bahan berpori. Disebut juga media penyaring. Dilanjutkan melihat air yang ditampung di penampung berkapasitas 500 meterkubik sebelum didistribusikan ke masyarakat.(HumasPDAM)

author
No Response

Leave a reply "Edukasi Pramuka Scout Competition di IPA Kabo"