Bupati dan Direktur PDAM Kutim hadiri Program Hibah Air Minum APBN

SANGATTA-Bupati Kutim Ir. H. Ismunandar, MT didampingi Direktur PDAM Suparjan, ST, Ketua DPRD Sementara Uce Prasetyo dan Wakil Ketua Sementara Sayid Anjas turut hadir dalam Program Hibah Air Minum Tahun Anggaran 2020, di Ballroom The Sakala Resort, Jalan Pratama No. 95, Tanjung Benoa, Kuta Selatan, Bali, Kamis (29/8/2019).

Bupati dan Direktur PDAM seluruh Indonesia juga turut mengikuti acara yang bertajuk “Lokakarya Peminatan Program Hibah Air Minum APBN TA. 2020 Wilayah II dan Sosialisasi Peraturan Presiden Nomor 46 Tahun 2019 Tentang pemberian jaminan dan subsidi bunga oleh pemerintah pusat dalam rangka percepatan penyediaan air minum”.

Program Hibah Air Minum yang digelar Pemerintah melalui Kementerian Keuangan dan Kementerian PUPR adalah suatu upaya percepatan penambahan jumlah sambungan rumah(SR) baru bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Dan selama ini telah terlaksana melalui peran aktif Pemda dan PDAM.

Acara diawali sambutan Kementerian Keuangan yang diwakili oleh Direktur Pembiayaan dan Tranfer Non Dana Perimbangan Ubaidi Socheh Hamidi. Kemudian dilanjutkan arahan oleh Dirjen  Cipta Karya, Kementerian PUPR diwakili oleh Direktur Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum Ir. Agus Ahyar, M. Sc.

Di kesempatan kali ini turut dibahas sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi agar Kabupaten Kota mendapat Hibah Air Minum APBN tahun anggaran 2020. Diantaranya Kepala Daerah menyampaikan surat berminat kepada Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR. Bersama dokumen pendukungnya seperti idle capacity, Peraturan daerah penyertaan modal pemerintah (Perda PMP) hingga daftar penerima manfaat.

Semua detail terkait progam itu disampaikan dalam dua sesi. Pertama dipaparkan Kerangka kebijakan pendanaan hibah air minum. Lalu kebijakan, pengelolaan dan mekanisme penyaluran dana hibah air minum perkotaan APBN. Kemudian kebijakan program peningkatan sistem penyediaan air minum (SPAM) dan tata kelola program hibah air minum APBN. Berikut Mekanisme jaminan dan subsidi bunga.

Sesi selanjutnya dijelaskan pelaksanaan uji petik dan verifikasi program hibah air minum perkotaan dan pedesaan TA 2018, mekanisme penyaluran dana hibah hingga desk peminatan calon penerima hibah.

Tipa bahasan materi dan kesempatan tanya jawab dipimpin masing-masing nara sumber dari Direktur Perkotaan, Perumahaan dan Pemukiman, Bappenas. Direktur Strategi dan Portfolio Pembiayaan Kementerian Keuangan. Direktur pengawasan BLU, BLUD, Badan Usaha Jasa Air, BUMD dan BUMDes (BPKP). Direktur Pengawasan Bidang Infrastruktur, Tata Ruang, Perhubungan, BPKP. Kasubdit Hibah Dana dan Dana Insentif Daerah, serta dimoderatori oleh Ketua CPMU Hibah Air Minum.(HumasPDAM)

author
No Response

Leave a reply "Bupati dan Direktur PDAM Kutim hadiri Program Hibah Air Minum APBN"