Berbenah Lewat Buku Kinerja BUMD Air Minum 2020

KUTAI TIMUR- PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur terus berbenah. Salah satunya lewat hasil penilaian Buku Kinerja tahun 2020. Dimana PDAM Kutim menduduki urutan ke 2 untuk wilayah Kalimatan Timur. Dengan nilai 3,64 yang termasuk kategori PDAM berkinerja sehat.

Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur Suparjan, ST mengungkapkan berdasarkan hasil penilaian Buku Kinerja tahun 2020, ada sejumlah aspek yang masih perlu perhatian. Pada aspek cakupan pelayanan yang perlu didorong agar tumbuh signifikan. Di aspek keuangan meliputi efisiensi biaya operasional. Peningkatan pendapatan serta penyelesaian piutang.

Di sisi produksi masih adanya kelebihan idle kapasitas atau kapasitas yang belum terpakai. kapasitas terpasang baru 70 %. Sisanya perlu disalurkan. Diantaranya lewat program hibah air minum perkotaan. Termasuk pemasangan reguler sambungan langganan (SL) dengan pola mudah, cepat dan murah.

“Buku ini merupakan hasil rapot kita. Jadi yang belum maksimal menjadi perhatian kita kedepan,” Tutur Suparjan di Ruang Kerjanya, Kantor PDAM Pusat, Jalan Papa Charlie, Kabo Jaya, Sangatta, Senin (31/5/2021)

Sisi water meter, Parjan sapaan akrapnya mengatakan pihaknya terus melakukan peremajaan terhadap meter air yang umurnya sudah tua. Karena di khawatirkan akurasi meter sudah tidak akurat. Di bagian kualitas air juga terus dijaga dalam koridor pemenuhan baku mutu yang disyaratkan. Kemudian jam layanan yang terus dievaluasi. Tidak terkecuali peningkatan kualitas SDM, yakni lewat pelatihan via online. Mengingat situasi pademi covid19 yang mengharuskan penerapkan protokol kesehatan.

“Tidak kalah penting adalah kontinuitas atau jam layanan. Dimana daerah pelayanan di bawah 24 jam terus dievaluasi. Agar di jam berapa pun pelanggan butuh, air PDAM tetap tersedia,” urai mantan Kabag Produksi ini

Untuk diketahui, buku kinerja BUMD AM diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Cipta Karya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Bertujuan untuk menilai kinerja BUMD AM. Memuat kinerja selama tiga tahun terakhir yaitu 2017 hingga 2019. Buku ini Juga dimaksudkan untuk memperoleh dan menyampaikan kondisi BUMD AM secara keseluruhan kepada pemangku kepentingan.

BUDM AM dibagi empat wilayah. Wilayah I yakni Sumatera dengan jumlah 107 PDAM, selanjutnya wilayah II yaitu Jawa sebanyak 108. Lalu wilayah III mewakili Kalimatan dan Sulawesi berjumlah 118. Terakhir wilayah IV meliputi Bali, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua dengan total 54. Seluruh indonesia terdapat 387 BUMD Air Minum dengan hasil kinerja 239 sehat, 96 kurang sehat dan 52 sakit.(HumasPDAM)

author
No Response

Leave a reply "Berbenah Lewat Buku Kinerja BUMD Air Minum 2020"