Awal tahun, PDAM Menerima Kunjungan BPS Kutim

KUTAI TIMUR-Mengawali awal tahun 2020, PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur menerima kunjungan Badan Pusat Statistik Kutai Timur. Kedatangannya dalam rangka memberikan sosialisasi sensus penduduk 2020 yang akan digelar serentak diseluruh indonesia.

Direktur PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur Suparjan, ST menyambut baik kedatangan pihak BPS Kutim. Dirinya pun siap mendukung demi kelancaran sensus penduduk 2020. Untuk itu dirinya meminta kepada seluruh karyawan yang hadir agar dapat mengikuti sosialisasi ini hingga tuntas.

"Saya minta peserta dapat mengikuti sosialisasi dengan baik," pintanya kepada seluruh karyawan yang hadir di acara sosialisasi sensus penduduk 2020, di Mushol Annisa, Kantor Pusat PDAM Tirta Tuah Benua Kutai Timur, jalan Papa Charlie, No 3, RT, Kabo Jaya, Kamis, (2/1/2019)

Suparjan, ST juga mengungkapkan, bahwa data yang dimiliki BPS Kutim juga kerap menjadi rujukan dalam perhitungan dan laporan di internal PDAM, seperti dalam laporan pelayanan administrasi.

"Kami gunakan dua data, untuk cakupan layanan adminstrasi diambil dari BPS Kutim, sedangkan untuk cakupan wilayah pelayanan itu dari Dinas Capil,"terangnya.

Kepala BPS Kutim Ahmad Junaidi dalam kesempatan yang sama menjelaskan Sensus Penduduk tahun 2020 ini sangat penting. Sebab hasilnya nanti akan melahirkan data kependudukan yang lengkap, akurat, terkini, dan menyeluruh. Kemudian data itu dapat digunakan pemerintah dalam mengambil suatu kebijakan dalam masalah kependudukan.

"Masyarakat tidak perlu khawatir jika ada petugas sensus yang datang memberikan pertanyaan guna mendukung pelaksanaan sensus ini. Sebab data yang dikumpulkan BPS dijamin kerahasiannya. Dipublikasikan hanya kondisi kependudukan secara jumlah saja. Itu diatur dengan Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik," ungkapnya.

Seiring dengan perkembangan teknologi, BPS akan menerapkan inovasi dalam sensus penduduk. Yakni, mempersilahkan masyarakat megikuti sensus secara online. Dimulai 15 Februari-31 Maret mendatang. Caranya, masyarakat cukup mengujungi situs sensus.bps.go.id dan mengisi kolom isian yng telah tersedia.

"Diharapkan masyarakat dapat turut berkontribusi, agar data yang diperoleh, dapat dimanfaatkan dengan baik. Tahun 2010 jumlah penduduk di Indonesia sebesar 237.641.326 jiwa," tuturnya.(HumasPDAM)

author
No Response

Leave a reply "Awal tahun, PDAM Menerima Kunjungan BPS Kutim"